Selamat Datang di Dunia Keperawatan

Jumat, 21 September 2012

sikap menghadapi cobaan

1.  Yakinlah anda sanggup

"Allah tidak memikulkan beban kepada seseorang melainkan sekedar apa yang allah berikan kepadanya. Allah kelak akan memberikan kelapangan setelah kesempitan (QS. 65:7)"

"Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya (QS. 2:286)"

2. Yang kita benci bisa jadi yang baik buat kita

"Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, boleh jadi juga(pula) kamu menyukai sesuatu,  padahal ia amat buruk bagimu; allah mengetahui, sedangkan kamu tidak mengetahui (QS. 2:216)"

3. Cobaan bukan berarti allah membenci kepada kita

"Tuhanmu tidak meninggalkan kamu dan tiada (pula) membenci kepadamu (QS. 93:3)"

 4. Tenanglah kemudahan akan datang

"Karena sesungguhnya setelah kesulitan itu ada kemudahan, sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan (QS. 94:5-6)

5.  Memperbanyak sholat

" Apabila rasulullah saw menemui suatu kesulitan, maka ia segera mengerjakan sholat  (HR Abu Daud)"

6. Berdoalah dan selesaikan kesulitan orang lain

"Barangsiapa ingin doanya terkabul dan dibebaskan dari kesulitannya, hendaknya ia mengatasi (menyelesaikan) kesulitan orang lain (HR Ahmad)"

7. Bersabarlah

" Aku (rasulullah) mengagumi seorang mukmin yang bila memperoleh kebaikan, ia memuji allah dan bersyukur. Bila ditimpa musibah, dia memuji allah dan bersabar (HR Ahmad)"

"orang yang berbahagia adalah  yang dijauhkan fitnah-fitnah dan orang yang terkena ujian dan cobaan, ia bersabar (HR Ahmad)

"Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan sholat sebagai penolongmu, sesungguhnya allah beserta orang-orang yang sabar (QS. 2:153)"

8. Berdakwah

"Kalian harus menyeru kepada kebaikan  dan melarang dari kemungkaran. Kalau tidak, allah akan mengirim hukuman kepada kalian, saat kalian berdoa kepadaNya, Dia tidak mengabulkan doa kalian (HR Attirmizi)"

9. khusyu'

"Jadikanlah sabar dan sholat sebagai penolongmu. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuai bagi orang-orang yang khusyu'. (yaitu) orang-orang yang menyakini, bahwa mereka akan menemui tuhannya, dan bahwa kereka akan kembali kepadaNya(QS. 2: 45-46)


"Motivasi islami'


Tidak ada komentar:

Posting Komentar